Untitled design (6)

Program Mentawai

     Pada 27 Januari 2023, KN-LWF melakukan pendampingan di Kec. Siberut Tengah. Kegiatan ini bertempat di ruang Gereja GKPM Desa Saibi, Tim KN-LWF bersama masyarakat desa berdiskusi tentang perkembangan dan perencanaan program pemberdayaan di Mentawai. KN-LWF sekaligus memperkenalkan Ampri Samosir sebagai staf proyek yang akan tinggal bersama komunitas di Mentawai. Kemudian, pada 31 Januari 2023, diadakan kegiatan “Lutheran Youth Mentawai”. Pada kegiatan ini, para pemuda antusias dan memiliki rasa ingin tahu yang tinggi mengenai penanggulangan HIV dan AIDS. Pemuda memperoleh informasi dan pencegahan terkait HIV dan AIDS. Mereka juga belajar bagaimana peran pemuda sebagai pendidik sebaya dalam penanggulangan HIV dan AIDS. Kegiatan diakhiri dengan pengorganisasian dengan memilih ketua, sekretaris, dan bendahara. Kegiatan ini akan berkelanjutan dengan melakukan pelatihan pendidik sebaya kepada pemuda-pemudi di GKPM Saibi Samukop.
     Kemudian, pada 24 Januari-14 Februari 2023, KN-LWF Indonesia melalui Mission and Diakonia program bersama seorang mahasiswa Sekolah Tinggi Diakones (Putri Panggabean) yang melakukan penelitian di Desa Saibi kepulauan Mentawai telah melanjutkan program pelayanan KN-LWF di Siberut Tengah Kepulauan Mentawai. Adapun pelayanan yang dilakukan ialah:
1. Mendukung masyarakat dalam bidang pertanian padi dengan mendorong masyarakat di dusun Subelen untuk memanfaatkan tanah persawahan mereka. KN-LWF memberikan bibit padi, pestisida dan jaring untuk memberantas hama padi pada saat berbunga nantinya.
2. Memberdayakan perempuan untuk menanam sayur-sayuran. Kegiatan pertanian sayur ini dilakukan di dusun Toroji dan Simoelaklak. KN-LWF berusaha untuk mendorong perempuan-perempuan untuk mempunyai penghasilan dan menggerakkan mereka untuk peduli dengan asupan gizi. Melalui tanaman sayur diharapkan masyarakat tidak harus membeli sayur ke Padang tetapi dapat mengonsumsinya dengan menanamnya sendiri.
3. KN-LWF juga memberikan perhatian kepada pemuda-pemudi yang ada di GKPM Saibi Samukop. Pentingnya pemberian informasi terkait pencegahan dan penanggulangan HIV dan AIDS bagi pemuda. Maka KN-LWF membentuk pendidik sebaya pencegahan dan penanggulangan HIV dan AIDS. Hal ini akan dilanjutkan dengan melakukan pelatihan kepada pemuda-pemudi di waktu berikutnya.

Recent posts