Untitled design (6)

Pelatihan Guru-Guru Pendidikan Agama Kristen II

Pelatihan Guru-Guru Agama Kristen kembali dilakukan pada bulan November 2022. Pelatihan ini menggunakan Pendalaman Katekismus Kecil. 

Katekismus kecil itu menjadi pegangan untuk mengikuti kurikulum saat ini. Tema pembelajaran yang diberikan akan terlihat dalam Katekismus Kecil (Ordo, Bapa Kami, dll). Dampak dari pendekatan pendidikan melalui Katekismus Kecil adalah menghasilkan anak-anak yang memiliki kualitas dan karakter yang baik. Semua itu karena ajaran yang menekankan keimanan, dan keimanan memang melahirkan dan melahirkan amal kebaikan. 

Para trainer (Pdt. Ronald Pasaribu dan Pdt. Morrys Marpaung) mengajak peserta untuk menggali esensi ajaran, nilai-nilai keimanan dalam hukum, syahadat rasul, Doa Bapa Kami dan Sakramen-sakramen.

 

Dalam hal ini, trainer membantu peserta untuk memahami katekismus kecil lebih dalam dan melihat aspek apa saja yang disinggung oleh katekismus kecil (ekonomi, sosial budaya, politik, etika, teknologi, seksualitas, dll) dan nilai-nilai keimanan apa yang terkandung dalam katekismus kecil tersebut. katekismus kecil serta sikap atau perilaku yang dilandasi oleh nilai keimanan yang diajarkan oleh katekismus kecil. Ketika peserta mampu melihat hakikat ajaran, nilai-nilai keimanan dari katekismus kecil, yang akan menjadi bahan ajar mereka di sekolah. 

Pelatih (Apul Situmorang) menjelaskan tentang perangkat pengajaran untuk kurikulum belajar mandiri. Dalam hal ini, Bapak Apul Situmorang menyampaikan bahwa ada 2 langkah besar dalam menyiapkan bahan ajar untuk suatu mata pelajaran:

 

  1. Penyusunan Alur dan Tujuan Pembelajaran 2. Pengembangan Modul Pengajaran Hasil belajar adalah kompetensi yang diharapkan dapat dicapai oleh siswa pada akhir fase. Hasil belajar terdiri dari 6 fase (A-F) atau tahapan yang mencakup semua jenjang pendidikan dasar dan menengah (SD-SMP-SMA). Tahap A (Kelas 1-2), Tahap B (Kelas 3-4), Tahap C (Kelas 5-6), Tahap D (Kelas 7-9), Tahap E (Kelas 10), Tahap F (Kelas 11-12 ). 

Para peserta dilatih membuat modul ajar. Para pelatih mencoba mengulang tentang pendalaman dasar-dasar Iman Kristiani karena pada pelatihan hari kedua, para peserta belum sepenuhnya memahami pendalaman dasar-dasar Iman Kristiani.

Recent posts