Training Of Trainers Guru Sekolah Minggu Se-GKPPD

Sidikalang, 31 Oktober 2023 – Kita memulai perjalanan pendidikan yang menginspirasi untuk pelayan gereja di Gedung Sentrum GKPPD, Sidikalang, Dairi, Sumatera Utara. Dalam Training of Trainers Guru Sekolah Minggu se-GKPPD, Sesi pertama acara ini dipandu oleh Pendeta HKBP, Morrys Marpaung, seorang ahli dalam pelayanan Lutheran. Pendeta Morrys memperkenalkan guru-guru Sekolah Minggu pada identitas gereja Lutheran dan memberikan wawasan mendalam tentang buku Katekismus Kecil Martin Luther. Pendeta Morrys membagikan tiga prinsip penting yang membentuk kebahagiaan orang Kristen menurut Katekismus Luther: pertama, pemahaman akan perintah Tuhan (Decalog); kedua, iman kepada Kristus (Credo); ketiga, pentingnya doa dalam hidup kita (Oratio Dominica).

Sesi kedua menyajikan pembicaraan yang sangat dinamis oleh Pendeta GKPPD Muliathy Briany. Ia membahas metode pengajaran Sekolah Minggu yang menarik melalui musik dan tarian. Pendeta Muliathy membagikan wawasan tentang bagaimana gerakan dan tarian dapat membantu memperkaya pengalaman belajar anak-anak Sekolah Minggu, menjadikan pembelajaran lebih menyenangkan dan bermakna.

Pada sesi ketiga, kita diajari oleh seorang ahli dalam metode pengajaran Sekolah Minggu melalui boneka tangan, yaitu Pendeta HKBP, Marcia Silaen. Teknik ini terbukti sangat efektif dalam meningkatkan interaksi dan keterlibatan anak-anak dalam pembelajaran. Pendeta Marcia mempraktikkan cara membuat boneka tangan kepada guru Sekolah Minggu, sehingga mereka dapat menggali cara kreatif untuk menghadirkan cerita Alkitab melalui boneka.

Terima kasih kepada semua yang hadir dan berkontribusi dalam acara ini. Kami sangat bersemangat untuk melanjutkan perjalanan ini bersama-sama, menjadikan Sekolah Minggu GKPPD lebih bermakna dan inspiratif dalam pelayanan kepada anak-anak Sekolah Minggu. Bersama kita bisa menciptakan generasi yang kuat dan penuh iman.